Jumat, 30 November 2012

0 Pelatihan Diplomasi Internasional




Hidup memang penuh dengan lika-liku. Terkadang orang tidak tahu cara melewati tiap lengkungannya. Namun bagi orang yang bisa melewatinya mendapatkan kemenangan yang nyata. Dua hari kemarin tepatnya tanggal 23-24 november 2012. Saya mendapatkan kesempatan mengikuti seminar internsionnal yang di adakan di madinah. Sebuah acara yang di payungi PPMI ini menyabet beberapa acara penting bagi para mahasiswa Arab Saudi. Terlebih yang mengisi acara tersebut bukanlah orang sembarangan seperti, pak konjen, pak dubes, Kepala KJRI Jeddah, dan utusan POLRI Jeddah. 


Acara yang dihadiri para mahasiswa dan pelajar ini mendapat sambutan hangat dari para peserta pelatiahan yang notabene dari kalangan S1, S2, S3. Memang terasa berbeda ketika berada di antara mereka yang berpendidikan dari pada mereka yang kurang berpendidikan. Ada miliu dan pembicaraan yang lebih berbobot dan selalu mengarah pada decak kagum keindahan ilmu. Terkadang saya merasa kikuk ketika tidak mengerti apa yang mereka bicarakan. Terlebih ketika mereka yang sedang menyelesaikan disertasinya. 

Semangat belajarpun timbul menggebu ingin mengetahui apa yang mereka ketahui. Mereka semua sangat berkompeten dalam bidangnya masing-masing. Dari mulai bahasa, pelayaran, syariah, sampai teknologi dan penerbangan. Rasanya jika saya menguasai semuanya tak ada lagi kerisauan dalam hidup ini. Namun ketika mereka berkumpul bersama dalam membahas suatu permasalahan pasti banyak sekali opini dari mereka. Dan tiap opini mereka sangatlah kuat. Saya pun geleng-geleng ketika memperhatikan apa yang mereka perjuangkan. Sampai ketua rapat pun di buat kelabakan oleh mereka. Terlebih mereka yang kuliah di  Riyadh dan Madinah. Seakan ada dua kubu keilmuan antara sains dan religi. Tentunya mereka tetap mengedepankan adab dalam memperjuangkan opininya.

                Intinya acara dua hari kemarin sangatlah seru. Apalagi ketika bertemu dengan graduate 2009, rasanya seperti waktu di ITTC bersama mereka. Mulai dari main bola, renang, makan-makan, sampai jalan-jalan. Mereka tak berubah banyak dari pertama saya berkenalan waktu di ITTC. Penuh warna dan rasa. Namun ada juga diantara mereka yang tidak bersatu. Hanya satu orang tetapi itu sangatlah banya bagi saya. Semoga ada kesempatan lagi buat kita berkumpul teman-teman.

Makkah, 25 November 2012

0 komentar:

Posting Komentar

 

Delemon Pas Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates